Widget HTML Atas

Cara Sembunyikan IP Address dengan Web Proxy

web proxy

Anda yang mencari cara menyembunyikan IP Address dengan Web Proxy, saya yakin sudah paham betapa pentingnya IP Address dalam berselancar di internet.

Apa sih IP Address itu ?

Singkatnya, IP Address adalah identitas kita di internet.

Asal kalian tau, banyak penjahat di dunia maya yang tertangkap hanya karena IP Address.

Loh, saya kan gak berniat jahat ?

Saya tidak menyuruh anda untuk punya niat jahat terlebih dahulu. Hanya saja, sebagai jaga-jaga sebaiknya kita sembunyikan alamat IP Address smartphone atau PC yang kita pakai.

Alamat IP ini akan memberi tahu dimana lokasi dan identitas anda yang sebenarnya. Jadi bisa saja, ada orang lain yang berniat jahat pada anda, dan mereka akan bisa menemukan anda dengan cepat hanya dengan melacak IP Address.

Untuk itulah, menyembunyikan alamat IP sudah menjadi barang wajib yang harus dilakukan agar keberadaan kita sulit dilacak.

Palsukan IP Address

Ada cara mudah untuk menyembunyikan alamat IP Address, yaitu dengan menggunakan layanan Web Proxy.

Apa itu Web Proxy ?

web proxy

Web Proxy merupakan sebuah website berbasis proxy server yang berfungsi sebagai perantara antara anda (user) dan web server (target).

Begini...

Misalnya anda ingin membuka Facebook melalui browser smartphone. Proxy server ini akan jadi perantara antara smartphone anda dengan Facebook.

Jadi, alamat IP smartphone yang harusnya terlihat di Facebook, sudah dipalsukan terlebih dahulu oleh perantara (proxy server)

Alhasil, alamat IP anda yang terlihat di Facebook adalah alamat IP palsu.

Fungsi Web Proxy

Selain untuk memalsukan identitas kita di internet, web proxy juga mempunyai beberapa fungsi lain, seperti :

1. Secret Browsing

Dengan menggunakan proxy, anda bisa browsing internet secara rahasia tanpa diketahui oleh admin website yang anda kunjungi.

Admin website biasanya memasang program penghitung jumlah pengunjung di website mereka. Program penghitung ini mampu mencatat alamat IP dari setiap pengunjung web yang datang.

Andai saja admin web tersebut punya niatan jahat, ia bisa saja menggunakan alamat IP tersebut untuk menyebarkan spyware, virus, trojan, dan hal buruk lainnya.

Tapi dengan menggunakan web proxy, hal buruk seperti itu tidak akan terjadi.

2. Unblock Site

Jika anda sering berselancar di dunia maya, tentu tidak jarang menemukan website yang diblokir atau dikenai batasan usia.

Bahkan di YouTube pun sering begitu. Ada beberapa video yang dikenai batasan usia karena isinya yang vulgar atau tidak pantas.

Tapi jika anda sangat penasaran, anda bisa mengakalinya dengan memakai web proxy.

Anda bisa setting alamat IP anda dengan alamat IP luar negeri sehingga situs yang awalnya diblokir tersebut akan bisa dibuka dengan mudah.

3. Anonymizer

Jika anda ingin melakukan spaming atau mengirimkan sesuatu di internet secara masal, anda bisa memakai web proxy untuk menyembunyikan identitas asli anda.

Selain itu, anda juga bisa bersenang-senang di dunia internet dengan menggunakan proxy luar negeri.

Misalnya jika anda membuat status di Facebook menggunakan proxy luar negeri, maka otomatis lokasi anda akan terlihat seperti sedang berada di lokasi alamat proxy yang anda gunakan.

Situs Penyedia Proxy

Di internet, banyak sekali situs yang menyediakan proxy secara gratis. Proxy yang disediakan adalah proxy dari seluruh penjuru dunia dan selalu di update.

Tapi karena ini layanan gratis, tentu tidak sebagus jika anda memakai layanan proxy yang berbayar.

Berikut adalah beberapa situs penyedia proxy favorit saya :
HideMyAss.com
Proxyproxy.com
Sockslist.net
Spys.ru
Proxy-List.org
Nntime.com
Cool-proxy.net
Hide.me
AliveProxy.com
Dari beberapa situs proxy diatas, situs proxy HideMyAss adalah yang terbaik menurut saya.

Memakai Layanan Proxy Gratis

Untuk menggunakan layanan proxy gratis, anda bisa mengunjungi web proxyproxy, kemudian masukan url web tujuan anda, atau bisa langsung klik tautan langsung seperti di gambar berikut.

layanan proxy gratis

Cara ini sebenarnya berfungsi baik di komputer maupun smartphone.

Tapi karena saya tipe orang yang gak mau ribet, saya lebih memilih memakai aplikasi VPN daripada harus setting proxy secara manual.

Terutama untuk smartphone.

Tentu pemakaian VPN lebih praktis dan lebih aman. Anda bisa mencari aplikasinya di Google Play.

Baik, kira-kira seperti itulah cara menyembunyikan IP Address dengan Web Proxy. Jangan lupa untuk selalu menyembunyikan identitas anda di internet, selamat mencoba.
Pebriansah
Pebriansah Medical Student & Content Writter
LIHAT KOMENTAR

Berlangganan via Email