Widget HTML Atas

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan (No. 3 Jarang Ada yang Tau)

manfaat kulit manggis
Image by merdeka.com
Buah manggis memiliki kulit buah yang tebal berwarna ungu kemerahan. Kulit manggis ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain tersedia dalam bentuk ekstrak, kulit manggis juga bisa diolah sendiri.

Akan banyak manfaat yang anda dapatkan dengan mengolah sendiri kulit manggis. Selain lebih original, anda juga tidak perlu merogoh kantong untuk membeli produk kulit manggis yang harganya mahal.

Kandungan Kulit Manggis

Dalam buah manggis ada senyawa bernama (Garcinia mangostana L dan Xanthone). Senyawa ini terdapat di bagian kulit sebanyak 70-75%, sedangkan daging buahnya hanya 10-15%, dan bijinya 15-20 %.

Selain itu, pada beberapa uji klinis menunjukkan bahwa kulit manggis mengandung berbagai senyawa antioksidan seperti :
  • Antibakteri (membasmi bakteri jahat dalam tubuh)
  • Antiinflamasi (mengatasi peradangan, misalnya pada radang tenggorokan)
  • Antimalaria (dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit malaria)
  • Antijamur (membasmi jamur, dengan menjadikannya obat topikal)
  • Anti-aging (mencegah penuaan dini pada kulit)

Bukti Klinis Manfaat Kulit Manggis

Pelopor pertama penelitian kulit manggis adalah seseorang berkebangsaan Jepang bernama Munekazu Liunama.

Pada tahun 1993, dia melakukan uji klinis tentang manfaat kulit manggis di Gifu Pharmaceutical, Jepang.

Uji klinis dilakukan dengan mengekstrak kulit manggis yang sudah kering dengan benzena, aseton, alkohol 70% dan heksana.

Dari proses ekstraksi ini didapat senyawa turunan xanthone, salah satunya adalah a-mangostine yang ternyata mampu menjinakan sel kanker.

Hasil pengujian inilah yang akhirnya memicu penelitian lainnya hingga saat ini.

Manfaat Kulit Manggis bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat kulit manggis yang bisa anda dapatkan :

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Selain kaya akan senyawa xanthone, kulit manggis juga kaya akan nutrisi seperti mineral dan vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berbagai nutrisi tersebut akan melindungi tubuh anda dari berbagai penyakit yang melemahkan sistem imunitas.

2. Mengatasi sariawan dan radang tenggorokan

Selain bagus untuk suplemen, kulit manggis juga efektif untuk menyembuhkan sariawan dan radang tenggorokan. Hal ini dipicu oleh kandungan astringen alami dan juga senyawa anti inflamasi di dalam kulit manggis.

3. Terapi penyembuhan kanker

Dua senyawa penting dalam kulit manggis yaitu gamma-mangostin dan alpha-mangostin telah terbukti klinis mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Penggunaan untuk terapi penyembuhan kanker tentu tidak memiliki efek samping seperti halnya kemoterapi pada kanker. Efektifitasnya pun akan meningkat apabila digunakan untuk pencegahan dengan cara mengkonsumsinya secara rutin, tanpa menunggu harus sakit terlebih dahulu.

4. Mencegah serangan jantung

Kandungan xanthone dalam kulit manggis dipercaya dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Seperti yang kita tau bahwa kadar trigliserida yang terlalu tinggi akan menyebabkan serangan jantung dan komplikasi berbahasa lainnya.

Trigliserida merupakan lipid yang berpengaruh terhadap kerja jantung. Tingginya kadar trigliserida tentu berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

5. Mencegah penuaan dini

Manfaat kulit manggis selanjutnya adalah mencegah kulit keriput atau penuaan dini.

Senyawa yang terkandung dalam kulit manggis berfungsi sebagai antiaging yang dapat menghalangi teroksidasinya vitamin dan asam lemak tak jenuh oleh radikal bebas.

Kondisi ini akan menghambat rusaknya jaringan sel kulit dan elastisitas kolagen yang menjadi penyebab kulit keriput. Selain itu, kulit manggis juga bisa menghambat perkembangan bintik pigmen seperti flek hitam dan jerawat.

6. Mencegah diabetes

Selain dapat mencegah penuaan dini, kulit manggis juga dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

Namun perlu diketahui bahwa penurunan kadar gula darah setiap penderita diabetes berbeda-beda, tergantung respon metabolisme tubuh terhadap ekstrak yang diberikan.

Karena itu, kulit manggis lebih cocok digunakan untuk pencegahan daripada untuk mengobati penderita diabetes.

Tanya Jawab Soal Kulit Manggis

A. Bagaimana cara membuat rebusan kulit manggis ?

Anda bisa membuat teh kulit manggis dengan merebus beberapa buah kulit manggis dengan segelas air. Agar tidak terasa pahit, anda bisa menambahkan gula atau madu. Minum selagi hangat secara rutin agar manfaatnya bisa dirasakan.

B. Apakah kulit manggis bisa beracun ?

Kulit manggis memiliki kandungan resin, tanin, serat kasar, dan komponen lain yang susah untuk diserap tubuh. Jadi, jika mengkonsumsinya secara berlebihan akan berbahaya untuk kesehatan ginjal.

C. Apakah kulit manggis bisa untuk masker wajah ?

Tentu saja. Anda bisa gunakan kulit menggis kering yang sudah dihaluskan untuk dijadikan masker wajah. Kandungan vitamin c dan antiaging-nya akan menjaga kesehatan kulit wajah.

D. Apakah kulit manggis bisa dikonsumsi langsung ?

Konsumsi kulit manggis tanpa pengolahan sangat tidak disarankan. Selain berdampak buruk pada ginjal, kulit manggis bisa saja memberikan efek negatif lain bila dimakan secara langsung.

E. Apakah ibu hamil boleh minum air rebusan kulit manggis ?

Manggis memiliki senyawa anti inflamasi yang baik untuk ibu hamil karena sering merasa lelah dan nyeri terutama pada bagian pinggul dan kaki. Konsumsi kulit manggis akan membantu meringankan nyeri di masa kehamilan.

Itulah beberapa manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan dan olahraga agar tubuh tetap sehat.
Pebriansah
Pebriansah Medical Student & Content Writter
LIHAT KOMENTAR

Berlangganan via Email