Widget HTML Atas

Tips Membuat Blog yang Sukses dari Para Mastah Blogger

Cara membuat blog yang sukses

Banyak blogger pemula termasuk saya yang ingin membuat blog yang sukses dan menghasilkan.

Selain menjadi tujuan utama para blogger, kepopuleran sebuah blog juga akan berdampak pada melimpahnya penghasilan yang didapat, baik itu dari Adsense, bisnis online, maupun dari hasil iklan mandiri yang terpasang di blog.

Jika kalian search di Google, tentu sangat banyak tips membuat blog yang sukses.

Tapi masalahnya tidak semua artikel tersebut berbobot dan memberi solusi, kebanyakan hanya berisi teori yang justru semakin membingungkan pemula seperti saya.

Semakin saya penasaran, semakin dalam saya mencarinya. Dan akhirnya saya menemukan sebuah tips yang cukup lengkap.

Tips membuat blog yang sukses langsung dari ahlinya.

Siapa ahlinya ?

Tentu mereka yang sudah sukses di dunia blogging. Dengan kepopuleran dan penghasilan yang melimpah, mereka membagikan tips bagaimana membangun blog yang sukses.

Penasaran !

Simak, ulasannya dibawah ini.

Maulana Malik [ MaulanaMalik.com ]

Seorang developers yang sangat handal dalam membuat berbagai produk digital. Beberapa karyanya yang sudah saya miliki seperti Levidio Volume 5, Levidio Cinemagic, dan PixelBolt.

Selain terkenal sebagai developers, Maulana Malik juga malang melintang di dunia blogger. Di blog pribadinya, ia sering berbagai tips sukses dalam berbisnis online.

Saya termasuk pembaca setia di blog beliau.

Berikut beberapa tips sukses membuat blog dari Maulana Malik.

1. Fokus Konten

Buat konten yang berkualitas. Jangan asal bikin blog hanya untuk mengincar traffic, kemudian isi postingan dipenuhi dengan keyword. Hal seperti ini justru akan membuat pembaca tidak nyaman.

2. Beri Value

Prinsip saya sejak dulu di dunia IM adalah memberikan value sebanyak mungkin kepada pembaca, nantinya profit akan mengikuti. Jangan justru sebaliknya, mengincar profit tanpa memberikan value ke pembaca.

3. Micro Niche

Buat blog dengan niche khusus, misalnya jika anda paham soal internet marketing maka buatlah blog yang membahas seputar internet marketing.

Marixson Manurung [ Maxmanroe.com ]

Jika anda mencari panduan seputar bisnis, sebaiknya anda berkunjung ke blog beliau. Blog yang membahas pemasaran online dan bisnis internet ini sudah dikenal luas oleh para blogger tanah air.

Berikut beberapa tips sukses membuat blog dari Marixson Manurung.

1. Konten

Membuat konten jangan semata-mata berdasar jumlah pencari atau volume keyword tertentu, tapi lebih ke manfaat konten dan cara penulisannya di blog.

Perhatikan juga navigasi, baik berupa link di dalam konten maupun widget khusus di dalam blog. Hal ini akan memudahkan pengunjung untuk melihat dan membaca konten kita yang lain.

2. Pemasaran

Konten berkualitas harus dipromosikan secara masif dan terus-menerus. Pemasaran konten ini bisa dilakukan secara gratis (Sosial Media, SEO, Copywriting) maupun berbayar (Facebook Ads, Google Ads, Email List).

3. Konsisten

Berdasarkan pengalaman saya, kalau kita konsisten dalam blogging, setidaknya dalam 1 tahun blog itu sudah bisa menghasilkan uang. Tapi itu bukan jaminan jika kalian tidak melakukan inovasi dan konsistensi dalam menulis di blog.

Sugeng Riyadi [ Sugeng.id ]

Siapa yang enggak kenal mastah blogger yang satu ini. Jika kalian sering mencari tips blogging di Google, tentu akan sering menjumpai konten dari mas sugeng yang nangkring di page one.

Uniknya, meskipun blog pribadinya sangat populer, mas sugeng tidak pernah memasang iklan di blognya tersebut. Penghasilan yang didapat dari web pribadinya adalah hasil jual beli template blog.

Berikut beberapa tips sukses membuat blog dari Sugeng Riyadi.

1. Punya pembeda

Menurut saya, konten yang berkualitas saja tidak akan cukup membuat blog kamu sukses. Butuh sesuatu yang berbeda, unik, lain daripada yang lain. Jadi buatlah blog yang punya cirikhas, yang mampu menggambarkan identitas dan keahlianmu.

2. Jadi diri sendiri

Jangan meniru gaya penulisan orang lain. Buat dan sajikan konten dengan bahasa dan pemahamanmu sendiri. Jikapun konten yang kamu tulis sudah basi atau sudah banyak yang membahas, kemas saja dengan gaya penulisanmu dan buat semenarik mungkin.

3. Aktif di situs komunitas

Aktiflah di situs-situs komunitas seperti Facebook, Twitter, Google+ untuk mempromosikan konten yang kamu buat. Misalnya jika blog kamu membahas seputar blogging dan bisnis online, maka aktiflah di grup-grup yang membahas seputar blogging seperti Ads.id dan Kaskus.

Adhy Suryadi [ KompiAjaib.com ]

Saya banyak belajar penerapan AMP dan tutorial blogging dari blog beliau. Menurut Adhy Suryadi, ada 3 strategi untuk mempercepat perkembangan blog, terutama untuk blog baru seperti punya saya ini.

1. Tema blog

Pilih tema blog yang elegan dan enak dibaca. Selain itu, perhatikan juga kecepatan loading blog dan optimalkan tampilan mobilenya. Seperti yang kita tau, sekarang ini para pembaca blog sudah beralih ke device yang simpel seperti HP dan Tablet.

2. Domain

Penggunaan domain TLD (top level domain) seperti .com .net .id sangat mempengaruhi kemajuan sebuah blog. Selain lebih mudah di ingat, keberadaan domain TLD juga lebih dipercaya di mata Google sehingga blog kita lebih mudah ditemukan pembaca.

3. Konten

Jika bisa, buatlah konten yang kontroversial namun bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Buat postingan secara rutin dan sebarkan di sosmed sebagai bagian dari promosi blog. Akan lebih baik lagi jika mengiklankan konten kita di Facebook, Twitter, atau Adword.

Aulia Masna [ ADdiction.id ]

Sebuah blog itu kontennya harus konsisten, rajin posting, dan tulisannya relevan untuk calon pembaca.

Selain itu, perlu ada balance antara konten yang informatif dan konten yang ringan. Jadi jangan selalu membuat postingan yang serius, sesekali buatlah konten yang isinya ringan.

Contoh konten yang ringan bisa dilihat di website Hipwee dan WowShack. Konten seperti ini umumnya sering di share pembaca karena isinya humor dan cerita ringan.
Itulah beberapa tips membuat blog yang sukses dari para blogger terkenal tanah air.

Setiap blog pastinya punya pola suksesnya masing-masing, jadi temukan polamu dan buatlah blog yang populer.
Sumber : PanduanIM.com
Pebriansah
Pebriansah Medical Student & Content Writter
LIHAT KOMENTAR

Berlangganan via Email