Widget HTML Atas

7 Cara Dapat Uang dari Blog Selain Google Adsense

cara dapat uang dari blog

Google Adsense bukanlah satu-satunya cara mendapatkan uang dari blog. Ternyata masih banyak cari lain, yang mungkin saja bisa jauh lebih menghasilkan dibanding Adsense.

Saya pribadi sering membaca banyak pertanyaan di forum.

Disini ada yang tau gak gimana cara dapat uang dari blog?

Gimana sih bisa dapet duit dari blog?

Gimana bisa dapat uang dari internet?

Gan, cara daftar Google Adsense gimana?

Ajarin main Adsense di blog donk?

Dll.

Dari bejibun pertanyaan, hampir semua hanya berfokus pada Adsense.

Padahal kalau kita lihat, mendaftar Google Adsense bahkan tidak semudah yang dibayangkan.

Banyak persyaratan dan kriteria yang harus dipenuhi sebuah blog. Alih-alih diterima, justru banyak blog yang ditolak Adsense.

Jika blog anda kesulitan diterima Google Adsense, beberapa cara dapat uang dari blog dibawah ini mungkin bisa dijadikan alternatif yang menjanjikan.

1. Private Ads

Anda bisa mendapatkan uang dari blog dengan menyediakan slot iklan mandiri atau dalam istilah bisnisnya disebut private ads.

Berbeda dengan Google Adsense yang besar penggasilan bergantung pada jumlah klik, dengan private ads anda bisa menentukan sendiri biaya dan durasi tayang iklan sehingga penghasilan yang didapat bisa ditarget.

Misalkan, anda menyediakan slot iklan dengan harga 400 ribu/bulan. Artinya pengiklan harus membayar 400 ribu per bulan kepada anda.

Bayangkan jika ada 5 slot iklan di blog anda. Dalam satu bulan anda bisa memperoleh penghasilan 2 juta rupiah.

Lumayan kan.

Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari private ads, anda harus pastikan dulu blog yang ingin di monetize memiliki banyak visitor. Karena tanpa visitor, pengiklan tidak akan mau membayar anda untuk memasang iklan.

Visitor yang berpotensial untuk private bisa berkisar minimal 3000/hari, semakin banyak semakin bagus.

Contoh private ads bisa dilihat dari blog pribadi milik bungfrangki ini:

cara dapat uang dari blog

2. Affiliate Program

Salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan jika anda mau serius. Tanpa perlu modal, stock produk, dan hal ribet lainnya. Yang perlu anda lakukan hanya melakukan promosi dengan sebuah link affilate yang telah disiapkan.

Nantinya jika ada orang yang membeli produk lewat link affiliate tersebut, anda akan mendapatkan komisi. Besarnya bervariasi, ada yang memberi komisi 50% harga produk, bahkan ada yang sampai 75% tergantung pemilik produknya.

Ada banyak sekali program affiliasi, mulai dari produk fisik maupun digital. Dari produk yang murah hingga yang mahal. Anda tinggal pilih mana yang kira-kira cocok dengan blog anda.

Berikut beberapa program affiliasi yang saya rekomendasikan untuk anda:
  • Affiliasi Amazon (Internasional)
  • Affiliasi Lazada (produk fisik)
  • Affiliasi Ratakan (produk digital)
  • Affiliasi Accestrade (produk fisik)
  • Affiliasi Idaff (produk digital)
  • Affiliasi Clickbank (Internasional)
Setelah anda mendaftar program affiliasi, anda hanya perlu mempromosikan produk tersebut dengan menyertakan link yang telah disediakan, anda bisa melakukan review produk tersebut di blog atau mempromosikannya langsung di sosial media.

3. Jual Produk Fisik

Di era sekarang ini, jualan produk fisik secara online memang sangat sulit untuk bersaing, apalagi sudah banyak marketplace raksasa seperti Bukalapak dan Tokopedia.

Tapi meskipun begitu, tentu tidak mustahil untuk bisa sukses dalam membangun toko online. Terlebih lagi jika anda memahami berbagai teknik promosi, seperti :
Dll.

Jika anda memahami berbagai teknik promosi di atas, saya yakin blog anda bisa sukses menjual produk fisik, apalagi jika produknya memang banyak dicari di pasaran.

4. Jual Produk Digital

Jika anda pandai membuat produk digital seperti ebook, software, tools, template, dan aplikasi. Mungkin anda bisa menjualnya di blog. Tentu dengan berbagai macam teknik promosi yang sudah saya sebutkan di atas tadi.

Lihat ini.

cara dapat uang dari blog

Akhir-akhir ini saya sering menjumpai blog yang menjual produk digital dengan memakai Facebook Ads, seperti pada gambar diatas.

Cara seperti itu merupakan strategi penjualan yang sangat menarik. Anda harus mencobanya.

5. Jual Jasa

Menjual jasa atau keahlian juga bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari blog. Beberapa contoh jasa yang bisa ditawarkan seperti:
  • Design grafik (pembuatan logo, undangan, brosur, dll.)
  • Digital marketing (SEO, riset keyword,  backlink,  pembuatan blog, dll.)
  • Penulis (copywriting, cover letter,  penulis konten, penerjemah, dll.)
  • Video  (jasa edit video,  pembuatan video, animasi,  pembuatan iklan,  dll.)
  • Programming (desain web, mobile apps, database, dll.)
  • Online course (bisnis online,  blogger, kesehatan, dll.)
Silahkan pilih jasa/keahlian apa yang anda kuasai, lalu segera promosikan di blog.

6. PPC Lokal

Banyak alternatif Google Adsense yang bisa anda manfaatkan. Sepeti halnya program periklanan lokal yang mempunyai sistem sama dengan Adsense, yaitu PPC (pay per click) atau dibayar tiap klik iklan.

Salah satu rekomendasi PPC lokal terbaik yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan uang dari blog adalah media periklanan MGID. Anda bisa mendaftar disana, dan mulai menghasilkan uang.

7. Review Produk

Anda bisa mendapatkan uang dari blog dengan mereview produk orang lain.

Caranya mudah, anda disuruh mereview sebuah produk, lalu posting hasil review tersebut di blog anda. Besarnya upah yang anda dapat tentu tergantung pemilik produknya.

Biasanya pemilik produk mempertimbangkan beberapa hal seperti:
  • Jumlah visitor blog anda
  • Authority blog
  • Kualitas dan niche blog
  • Kualitas konten review yang anda buat
Agar banyak pemilik produk yang ingin menggunakan jasa anda, sebaiknya buat halaman khusus di blog yang menjelaskan tentang jasa review yang anda tawarkan. Sertakan juga statistik pengunjung blog dan contoh artikel review yang pernah anda buat.

Itulah ketujuh cara mendapatkan uang dari blog selain Google Adsense.

Lewat artikel ini, tentu saya ingin menunjukan pada anda bahwa mendapatkan uang dari blog tidak melulu dari program Adsense.

Masih banyak peluang lain yang jauh lebih menjanjikan dibanding Adsense. Tentunya sesuai dengan jenis blog dan keahlian anda.

Selamat mencoba.
Pebriansah
Pebriansah Medical Student & Content Writter
LIHAT KOMENTAR

Berlangganan via Email