Widget HTML Atas

Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Ke Chat Pribadi

membuat link whatsapp

Fitur baru dari WhatsApp yang bernama click to chat ini sangat menarik. Fitur ini sering dipakai para pebisnis online untuk memudahkan konsumen menghubungi mereka secara langsung melalui chat WA.

Tanpa perlu repot-repot memasukan nomor telepon baru, para konsumen hanya perlu meng-klik link WhatsApp yang sudah disiapkan.

Fitur click to chat ini juga memudahkan bagi anda yang ingin memfollow up customer atau melakukan promosi di berbagai media sosial.

Anda tinggal taruh link tersebut, maka ketika ada yang tertarik, mereka akan klik linknya dan langsung terhubung dengan anda. Terlihat mudah memang, tapi buktinya masih banyak yang belum tau bagaimana cara membuatnya.

Berikut ini beberapa cara membuat link WhatsApp langsung ke chat yang ternyata sangat praktis dan mudah untuk dipraktekkan.

Membuat Link WhatsApp dengan WA.me

WA.me adalah layanan resmi yang diberikan WhatsApp untuk memakai fitur click to chat. Nantinya anda akan diberikan sebuah shortlink, lalu anda tinggal menyambungnya dengan nomor WhatsApp yang hendak dipakai.

Langkah 1: Copy shortlink berikut ini di aplikasi notes atau word di ponsel anda.
https://wa.me/62nomorwhatsapp
Langkah 2: Ganti tulisan "nomor whatsapp" dengan nomor whatsapp anda. Angka "62" adalah nomor kode negara Indonesia, anda bisa menggantinya jika tinggal di luar negeri.
Ingat !

Penulisan nomornya jangan pakai angka nol didepan, tanda kurung, spasi, atau setrip. Harus mengikuti kaidah format penulisan nomor internasional seperti diatas.

Sekarang coba klik link diatas, anda akan langsung terhubung ke chat pribadi saya. Gampang kan! Anda bisa cantumkan link tersebut di profil Instagram atau Facebook, bisa juga meletakannya di Blog dan Onlineshop yang anda punya.

Membuat Link WhatsApp dengan Bitly

Selain memanfaatkan fitur click to chat, anda juga bisa membuat link WhatsApp di situs pemendek url seperti Bitly. Selain terlihat lebih pendek dan singkat, link yang dihasilkan juga gampang banget di ingat, cocok bagi kalian yang enggak hafal nomor sendiri.

Langkah 1: Buka situs Bitly di smartphone anda. Jika sudah terbuka kamu bakal menemukan kolom bertuliskan "shorten your link".

membuat link WhatsApp

Langkah 2: Copy link dibawah ini ke kolom tersebut, jangan lupa ganti tulisan "nomormu" dengan nomor WhatsApp anda.
https://api.whatsapp.com/send?phone=nomormu
Langkah 3: Jika sudah, silahkan klik shorten url. Selesai!

membuat link WhatsApp

Mudah kan! Sekarang tinggal mengcopy link yang sudah diperpendek dan meletakannya di manapun sesuai keinginan anda. Ternyata memang mudah dan praktis, anda bisa mempraktekannya secara langsung lewat smartphone.

Silakah dicoba!

Tips Lainnya

Seperti yang saya bilang di awal, fitur click to chat ini sering dipakai para pebisnis online untuk mempermudah dalam melakukan follow up atau berinteraksi dengan konsumen.

By the way, jika anda seorang pebisnis online yang memanfaatkan WhatsApp untuk berpromosi. Anda wajib mengetahui tips dan trik jualan laris di WhatsApp di panduan Copywriting WhatsApp. Silahkan baca dan temukan rahasianya.
Pebriansah
Pebriansah Medical Student & Content Writter
LIHAT KOMENTAR

Berlangganan via Email