8 Tempat Wisata di Madiun Terbaru & Paling Hits

Madiun merupakan salah satu kota eksotis di provinsi Jawa Timur. Kota tempat asal pecel ini memang punya keindahan alam yang tiada banding.

Sebagai salah satu pemuda yang lahir di kota Madiun, saya selalu beryukur karena tumbuh besar di tempat yang indah dan nyaman. 

Kota yang sering dijuluki kota gadis ini memang menyimpan kenangan tersendiri bagi saya. Suasana yang tenang, jauh dari hiruk pikuk kendaraan, minimnya polusi, jadi kelebihan tersendiri bagi kota ini.

Disamping itu semua, Madiun ternyata juga menyimpan banyak tempat wisata yang hits dan banyak dikunjungi.

Sebagian tempat wisata ini sudah pernah saya datangi, tapi ada juga sebagian yang belum. Mungkin next time pas pulang kampung hehe..

Langsung aja berikut daftar tempat wisata di Madiun terbaru & paling hits versi pebriansah.net:

1. Wisata Pasanggrahan

Wisata Madiun terbaru
Wisata madiun pasanggrahan

Lokasi tempat wisata alam pasanggrahan ini berada di lereng gunung Wilis. Tepatnya di Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Di tempat ini banyak banget spot foto yang Instagramable. Lokasinya yang berada di lereng gunung, membuat pemandangan dan suasana di sekitarnya sangat nyaman.

Di lokasi wisata alam pasanggarahan ini kamu juga bisa menemukan lima buah gubuk beratap jerami yang cocok untuk dijadikan tempat nongkrong bareng doi.

Sssttt... nongkrong doang yah, jangan macem-macem.😂

2. Air Terjun Krecekan

Wisata Madiun terbaru
Wisata madiun krecekan.

Buat kamu yang suka mainan air, pas banget nih kalau berwisata ke air terjun Krecekan Denu. Lokasi air terjun Krecekan ini berada di Desa Kepel, Kecamatan Kare yang jaraknya sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Madiun.

Air Terjun Krecekan mempunyai ketinggian 20 meter yang mengucur dari atas tebing. Menurut warga setempat, Air Terjun Krecekan ini pertama kali ditemukan pada tahun 2012.

Fasilitas di wisata Air Terjun Krecekan ini cukup lengkap. Ada toilet, mushola, hingga tempat istirahat yang penuh dengan para penjual makanan.

So, kamu gak perlu khawatir kelaperan kalau berkunjung ke tempat ini. Tiket masuknya juga masih sangat terjangkau, sekitar 10 sampai 15 ribu rupiah per orang.

3. Air Terjun Seweru

Wisata Madiun terbaru
Wisata madiun seweru

Berbeda dengan Krecekan, wisata Air Terjun Seweru ini lokasinya berada di sekitar lereng gunung Wilis. Tepatnya di Dusun Seweru, Desa Kare, Kabupaten Madiun.

Karena lokasinya ada di lereng gunung, akses ke tempat ini juga cukup sulit.

Untuk bisa sampai ke Air Terjun Seweru, kamu bisa menggunakan sepeda motor kemudian dilanjut dengan jalan kaki sejauh 1 kilometer melewati jalan setapak yang tersedia. Meski melelahkan, saat sampai semuanya akan terbayar dengan keindahan alam dan kesegaran Air Terjun Seweru.

Oh ya, sedikit tips buat kamu yang ingin ketempat ini sebaiknya siapkan dan bawa makanan karena lokasinya terisolasi di dalam hutan.

4. Waduk Kedungbrubus

Waduk Kedungbrubus merupakan salah satu tempat favorit saya ketika ngabuburit ataupun jalan-jalan pagi. Ini tempat asik banget buat nongkrong, apalagi kalau nongkrongnya sambil bawa pancingan. Bisa sambil nyari lauk buat makan haha.

Waduk atau bendungan Kedungbrubus sebenarnya difungsikan sebagai sarana irigasi yang diresmikan pada bulan Juni 2008. Di sekitar waduk ini juga telah dibangun sejumlah fasilitas pendukung seperti pos pengamanan hingga warung makan yang berjejer.

Terus kalau butuh penginapan, kamu tinggal mampir aja kerumah saya yang jaraknya hanya 2 kilometeran dari lokasi.😄

5. Hutan Pinus Nongko Ijo

Wisata Madiun terbaru
Wisata madiun nongko ijo

Hutan Pinus Nongko Ijo merupakan objek wisata alam yang berlokasi di Desa Kare, Kota Madiun. Jaraknya sekitar 40 menit jika ditempuh dari pusat kota.

Tempat wisata yang satu ini juga sangat populer di Instagram. Banyaknya spot foto yang menarik menjadikan Hutan Pinus Nongko Ijo sebagai salah satu objek wisata paling ramai di Kota Madiun.

Kamu yang ingin berswafoto atau sekedar ingin menghilangkan penat dari perkotaan bisa banget berkunjung ke sini.

Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, mulai dari berbagai macam spot selfie sampai dengan wahana permainan bisa kamu temukan disini.

Spot selfie yang ditawarkan di tempat ini antara lain, rumah pohon, gardu pandang, ayunan, dan lain-lain.

Ditambah lagi fasilitas seperti halnya kamar mandi, tempat makan, dan juga area parkir yang luas akan semakin membuat kamu betah untuk berlama-lama.

6. Gunung Wilis

Gunung Wilis adalah satu-satunya gunung yang berada dekat dengan Madiun.

Gunung yang memiliki ketinggian 2.563 mdpl ini menjadi populer karena pernah menjadi jalur alternatif pasukan gerilya yang dipimpin oleh Jenderal Sudirman.

Puncak tertinggi dari gunung Wilis adalah puncak Limam atau yang biasa disebut Puncak Ngliman.

Di gunung ini juga banyak obyek wisata yang bisa kamu kunjungi. Seperti Air Terjun Sedudo atau Nature Monument yang didalamnya berisi spesies hewan kijang bertandung panjang.

7. Taman Kota Caruban

Wisata Madiun terbaru
Wisata madiun caruban

Terletak di pusat pemerintahan kota Madiun, menjadikan taman kota Caruban sebagai tempat wisata yang sangat ramai.

Lokasi taman kota ini berada di samping jalan utama yang menghubungkan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Masyarakat setempat juga sering kali menjadikan taman ini sebagai tempat bermain bagi anak-anak mereka. Fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap. Ada toilet yang bersih, masjid, hingga berbagai macam wahana permainan.

8. Desa Wisata Brumbun

Wisata Madiun terbaru
Wisata madiun brumbun

Tempat wisata di Madiun selanjutnya adalah desa wisata Brumbun. Sesuai namanya, tempat ini merupakan sebuah desa yang dijadikan tempat wisata. Lokasinya berada di Desa Brumbun, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun.

Salah satu wahana yang paling terkenal disini adalah wahana tubing atau lebih dikenal dengan arung jeram. Dengan wahana arung jeram, kamu bisa menyusuri derasnya arus sungai sambil menikmati indahnya pemandangan alam.

Selain wahana arung jeram, di sini juga tersedia beberapa wahana outbound yang tak kalah menarik. Selain itu juga ada Air Terjun Cinta yang lokasinya hanya beberapa meter dari kanal yang digunakan untuk tubing.

Jam buka dari Desa Wisata Brumbun adalah dari jam 08 pagi sampai dengan pukul 06 sore. Untuk biaya tiket masuknya, kamu hanya butuh membayar sebesar 10.000 rupiah per orang.

Dari 8 tempat wisata Madiun tersebut, mana lokasi yang paling ingin kamu kunjungi. Atau mungkin ada destinasi lain yang belum disebutkan, silahkan tulis jawaban kamu di kolom komentar.