5 Aplikasi Baca Komik Online Berbahasa Indonesia

Banyak banget aplikasi baca komik yang bertebaran di internet, tapi gak semua aplikasi tersebut punya fitur lebih yang enak dibaca. Terkadang banyak aplikasi baca komik online yang isinya justru lebih dominan iklan daripada komik.

Karena masalah tersebut, akhirnya saya coba merangkum 5 aplikasi baca komik online terbaik berbahasa Indonesia. Selain fiturnya yang lengkap dan enak dibaca, kelima aplikasi ini juga memiliki beberapa judul komik yang sangat populer.

Langsung saja, berikut 5 aplikasi baca komik online terbaik berbahasa Indonesia:

Aplikasi baca komik online
Baca komik online

1. Line Webtoon

Webtoon merupakan aplikasi baca komik online nomor satu saat ini. Aplikasi ini menjadi yang paling populer di Playstore dalam kategori komik. 

Sejak dirilis tanggal 1 Juli 2014, aplikasi Line Webtoon sudah diunduh lebih dari 50 juta pengguna smartphone. Kepopuleran aplikasi ini tidak lepas dari banyaknya komik keren yang terbit didalamnya.

Di Webtoon, kamu bisa baca manhwa Korea, manga Jepang, dan komik buatan Indonesia yang tersedia dalam berbagai genre. Setiap komik di Webtoon juga di update setiap hari dan dapat dibaca secara gratis.

Keunggulan aplikasi Webtoon lainnya ada pada tampilan interface setiap halaman komik. Semua komik di Webtoon sudah disesuaikan dengan tampilan perangkat, jadi kamu gak perlu repot bolak-balik atau nge-zoom karena tulisan yang kekecilan. 

Selain itu, Webtoon juga menyediakan mode baca offline, dimana kamu bisa mendownload episode komik untuk dibaca kapanpun dan di manapun tanpa perlu koneksi internet.

2. Kakao Page

Kakao Page merupakan platform resmi yang menyediakan komik Korea (manhwa) dalam terjemahan bahasa Indonesia. Dulunya aplikasi ini bernama Webcomics, sebelum akhirnya dilaunching menjadi Kakao Page Indonesia.

Di Kakao Page, kamu bisa menemukan komik keren yang gak ada di Webtoon, salah satunya adalah Solo Leveling yang kini disebut-sebut sebagai komik fantasi paling populer.

Berbeda dengan Webtoon, dimana kita harus melakukan top-up untuk membeli koin, di Kakao Page kamu hanya perlu membaca komik untuk bisa mendapatkan koin.

Semakin banyak kamu membaca komik, semakin banyak poin dikumpulkan. Poin yang sudah terkumpul ini nantinya bisa ditukar dengan cash untuk membeli episode komik secara eksklusif.

3. MangaToon

Seperti namanya, MangaToon merupakan aplikasi baca komik online yang menyediakan berbagai genre manga (komik Jepang) berbahasa Indonesia.

Di aplikasi ini kamu bisa membaca beragam manga terbaru secara gratis, ajibnya lagi semua manga yang diterbitkan merupakan manga yang full color, bukan hitam putih seperti manga ilegal di internet.

Salah satu fitur menarik di MangaToon adalah fitur tulis cerita.

Kamu bisa menulis ceritamu sendiri di MangaToon dan membagikannya ke jutaan pembaca lainnya. Nantinya MangaToon akan memilih cerita terbaik untuk di adaptasikan menjadi sebuah serial komik.

4. Komiku

Komiku merupakan aplikasi baca komik dan webtoon buatan developer lokal. Di Playstore, aplikasi Komiku sudah di download lebih dari 1 juta kali hingga membuatnya menempati peringkat ketiga sebagai aplikasi komik terpopuler. 

Ada lebih dari 1000 judul komik yang sudah diterbitkan di Komiku. Kamu bisa membaca beberapa judul komik yang populer seperti Urban God atau Martial Peak yang sudah mencapai 500 lebih episode.

5. Baca Komik

Baca Komik merupakan versi aplikasi dari situs bacakomik.co. 

Di aplikasi ini kamu bisa membaca banyak sekali manga populer seperti Kimetsu No Yaiba, One Piece, Black Clover, dan seri manga shonen jump lainnya.

Fitur di aplikasi ini juga cukup lengkap, kamu bisa mendownload dan membaca manga secara offline tanpa perlu memakan kuota. Ada juga fitur chapter update di menu favorit untuk mendapat notifikasi jika ada chapter baru yang diterbitkan.

Nah dari kelima aplikasi baca komik diatas, mana yang jadi favoritmu?

Silahkan tulis jawabanmu di komentar.